Rabu, 03 Oktober 2012

Vintage Fashion

Kata vintage itu sendiri sebenarnya bukan merupakan istilah dalam dunia fashion. Dictionary.com menyebutkan bahwa vintage merupakan istilah yang digunakan dalam perkebunan anggur. "vintage as a noun : the wine from particullar harvest or crop".
Namun dalam post kali ini, bukan vintage dalam istilah tersebut yang ingin saya bahas namun vintage style or vintage clothing ora whatever you say but its about cloth.

sekarang ini pasti tidak asing lagi bagi kita mendengar kata vintage. Banyak sekali toko baju atau online shop yang menggunakan kata "vintage" sebagai bagian dari nama toko mereka. Namun tidak semua yang mendengar kata tersebut tahu apa arti dari kata vintage. aku sendiri sebenarnya masih sedikit rancu dan bingung dengan definisi dari istilah vintage ini. untuk itu aku mencoba mencari referensi dari beberapa sumber yang aku rangkum di sini so kalian gak perlu pusing-pusing cari lagi :D.

Banyak yang menyamakan vintage stuff sebagai second hand stuff dengan model jaman dulu, but it is totally wrong.
"clothing which was produced before the 1920s is referred to as antique clothing and clothing from the 1920s to 1980s is considered vintage"(wikipedia.org)
Dari definisi di atas bisa diketahui bahwa baju vintage merupakan baju - baju atau pakaian yang diproduksi antara tahun 1920 - 1980 dan tidak harus berupa second hand cloth. Memang ada sebagian vintage cloth yang merupakan second hand tapi ada juga yang merupakan barang baru.
Selain vintage, kita juga sering mendengar kata retro. Retro merupakan kependekan dari Retrospective atau "vintage style" biasanya mengacu pada pakaian yang meniru gaya dari era sebelumnya. Sedangkan repro yang merupakan kependekan dari reproduction adalah pakaian yang baru dibuat namun selalu meniru gaya lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar